Testimoni

Profil

Resmi didirikan pada 9 Mei 1996, PT Petro Oxo Nusantara atau “Perseroan” merintis usaha di bidang industri 2-Ethyl Hexanol (2EH), Iso-Butanol (IBA), N-Butanol (NBA), dan Liquid Carbon Dioxide (LCO2) untuk wilayah Indonesia dan Asia Tenggara.

Dalam perjalanannya, Perseroan yang mulai beroperasi pada September 1998 ini berhasil memanfaatkan setiap peluang bisnis yang ada sehingga mampu meningkatkan kinerja operasi hingga 110% hanya dalam kurun waktu kurang dari 2 (dua) tahun.

Didukung oleh ketersediaan teknologi yang mumpuni dari Mitsubishi Chemical Corporation Technology Jepang, Perseroan yang telah berpengalaman selama lebih dari 2 (dua) dekade di industri kimia Tanah Air mampu berpenetrasi ke segmen pasar domestik dan internasional yang lebih luas.

Sebagaimana diketahui, hingga akhir tahun 2020, Perseroan masih memegang peranan penting sebagai produsen 2EH, IBA, dan NBA baik untuk wilayah Indonesia maupun Asia Tenggara

Saat ini, sekitar 20% dari keseluruhan total produk Perseroan didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri sementara sisanya untuk keperluan ekspor.

Adapun sejumlah negara yang menjadi negara tujuan ekspor produk Perseroan, antara lain Cina, Thailand, Singapura, Vietnam, Malaysia, Australia, Korea, India, Turki, dan Bangladesh.

Jangkauan Internasional

Fasilitas Produksi

Pabrik dan fasilitas kami menggunakan teknologi proses dari Haldor Topsøe untuk Gas Sintesis, UOP - DOW untuk CO2 dan Mitsubishi Chemical Corporation, Jepang untuk Pabrik Oktanol. Bahan baku yang digunakan untuk proses ini adalah PROPYLENE (Liquid Propylene Gas) dan NATURAL GAS. Oktanol dihasilkan dari Propylene dan Synthesis Gas (campuran gas Karbon Monoksida dan Hidrogen) melalui Kondensasi Aldol dari Butyraldehyde dan kemudian dilanjutkan dengan Hidrogenasi.

Sejak tahun 2015, PT Petro Oxo Nusantara mulai memproduksi CO2 Cair dengan proses ekstraksi menggunakan gas buang dari reformer yang kaya akan CO2, dengan menggunakan teknologi Union Engineering – Denmark, CO2 Cair kami memenuhi standar kualitas food grade, dan kami telah memperoleh FSSC-22.000 dari Lloyd`s Register Quality Assurance pada Maret 2016.

2 Ethyl Hexanol

2EH termasuk dalam golongan alifatik alkohol, yaitu senyawa organik yang digunakan dalam manufaktur berbagai produk kimia. Senyawa 2EH bersifat mudah cair pada suhu di atas 6000O C dan seringkali dikonversi menjadi ester untuk digunakan sebagai bahan berbagai produk turunan lainnya, seperti plasticizer.

Read More

Iso Butanol

IBA memiliki fungsi dalam sintesa organik sebagai bahan kimia perantara dan larutan dalam aplikasi. IBA bersifat mudah terbakar, mudah menguap, dan memiliki bau yang khas. Bahan kimia ini seringkali diubah menjadi Iso Butil Asetat yang digunakan dalam produksi pernis dan sebagai pelarut cat.

Read More

CO2 Liquid

CO2 Liquid merupakan cairan tidak berwarna, tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan sedikit asam yang berubah menjadi partikel kristal putih ketika dibuang dari wadahnya. CO2 Liquid digunakan secara luas dalam beragam industri, seperti pendinginan, netralisasi, obat-obatan, plastik berberbusa, dan lainnya

Read More

PKWTT

PKWT

OUTSOURCING

TOTAL

Kebijakan

Akreditasi / Sertifikasi