Dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78, PT Petro Oxo Nusantara berkerjasama dengan Asosiasi Bank Sampah Indonesia Kabupaten Gresik meluncurkan Program “Merdeka Sampah”. Sebuah inisiatif untuk menanggulangi tantangan lingkungan dengan menberi edukasi praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan serta pembentukan kader bertempat di Car Free Day 20 Agustus 2023, Wahana Ekspresi Pusponegoro Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gresik.

Program “Merdeka Sampah” juga selaras dengan Nawa Karsa / misi Pemerintah Kabupaten Gresik salah satunya menciptakan Gresik Lestari. Pada kesempatan ini, Masyarakat kota Gresik mendapatkan edukasi langsung tentang tata cara pengelolaan sampah domestik yang baik serta dapat menciptakan nilai ekonomi dari pemanfaatan sampah. Mulai dari lapak tukar sampah dengan sembako / kompos / eco enzyme, Fashion Show busana daur ulang, hingga edukasi pengolahan sampah domestik untuk ternak magot.

Salah satu sorotan utama dari kegiatan ini adalah peluncuran Kader Masyarakat Berdaya Peduli Lingkungan (MASBERLING), Kader binaan PT Petro Oxo Nusantara bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik & Asosiasi Bank Sampah Indonesia. Diharapkan dengan adanya kader MASBERLING, dapat menyuarakan kepada seluruh warga kota Gresik khususnya terkait pengelolaan sampah domestik yang baik di lingkungan sekitar mereka
“Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil PT Petro Oxo Nusantara dalam upaya pelestarian lingkungan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik & Asosiasi Bank Sampah Indonesia Kabupaten Gresik. Dengan adanya kegiatan edukasi serta pembentukan kader seperti yang telah terlaksana ini, diharapkan akan mencetak kader-kader lain agar tercipta lingkungan yang asri. Semoga PT Petro Oxo Nusantara lancer dalam segala hajatnya dan tetap berkontribusi kepada Masyarakat serta lingkungan” Ucap Bp Saiful Arif selaku Ketua DPD ASOBSI Gresik dalam sambutannya.
Bp Zauji, S.Si, MT selaku Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT Petro Oxo Nusantara & ASOBSI Kabupaten Gresik telah mengambil langkah konkret dalam upaya menciptakan lingkungan yang asri di Kabupaten Gresik. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi Perusahaan-perusahaan lain di kabupaten Gresik untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

Dalam sambutannya, Ibu Lilis Nurianah selaku Corporate Secretary PT Petro Oxo Nusantara menyampaikan rasa terima kasih khususnya kepada seluruh pihak yang terkait telah memberikan kesempatan bagi PT PON untuk turut serta dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat. Diharapkan upaya edukasi ini dapat berkelanjutan dalam menciptakan lingkungan yang asri karena pengelolaan lingkungan yang baik merupakan upaya kolektif Bersama.